PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITY, TAX PLANNING, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING

  • Dina Pujianti Universitas Riau
  • Alfiati Silfi Universitas Riau
  • Eka Hariyani Universitas Riau
Keywords: : Corporate Social Responcibility Disclosure, Profitability, Tax Planning, Capital Structure, Firm Value, and Institutional Ownership.

Abstract

This study aims to examine the effect of corporate social responsibility, profitability, tax planning, and capital structure on firm value with managerial ownership as a moderating variable in manufacturing companies listed on the Indonesian Stock Exchange. This research is a quantitative research that uses secondary data. The population in this study are all manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in the 2018-2020 period. The research sample was selected using purposive sampling method, so that the samples obtained were 53 samples. The data was obtained through the official website of the Indonesian Stock Exchange and other related websites as well as by studying literature related to research issues, both printed and electronic media software (Statistical Package for Social Science) The results show that the independent variables, namely CSR, profitability, tax planning, and capital structure affect the dependent variable, namely firm value. The moderating variable, namely managerial ownership, is known to be able to moderate the effect of CSR, profitability, tax planning, and capital structure on firm value.

References

Abihu, Firman. (2020). Analisis Pengaruh Perencanaan Pajak dan Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan dengan Transparansi Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Universitas Riau.

Angele, T. F., Pardede, S. L. A., & Wongsosudono, C. (2022). Pengaruh Tax Planning, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 6(1), 79- 87.

Anwar. 2018. Analisis Kinerja Keuangan dan Kajian Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Prosiding Seminar Ekonomi Kreatif di Era Digital (pp.29- 46).Universitas Muhammadiyah Jember.

Brigham and Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesebelas. Buku 2. Jakarta : Salemba Empat.

Chairil Anwar, Pohan. (2013). Manajemen Perpajakan. Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Chairil Anwar, Pohan. (2017). Manajemen Perpajakan. Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, N. M. L., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh profitabilitas dan leverage pada nilai perusahaan dengan corporate social responsibility Sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 26-54.

Dewi, N. P. G. K., Endiana, I. D. M., & Pramesti, I. G. A. A. (2021). Pengaruh Keputusan Investasi, Struktur Modal, Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2017-2019. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(2), 57-67.

Erawati, T., & Cahyaningrum, D. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi. Journal of Accounting, Finance, Taxation, and Auditing (JAFTA), 2(2), 151-170.

Fadhila, N., & Hasibuan, M. (2018). Penerapan Tax Planning Dalam Meminimalkan Beban Pajak Penghasilan Pada Pt Perkebunan Nusantara IV Medan. In Seminar Nasional Royal (SENAR) (Vol. 1, No. 1, pp. 455-460).

Fahmi, I. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta, Bandung.

Ghozali, Imam dan A Chariri. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hermawan, B. (2011). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan, Reputasi Merek, dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. SIDO MUNCUL. Jurnal Manajemen, 4(2).

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. PT Grasindo, Jakarta.

Iqbal,M. dan Rio Johan Putra. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Government Terhadap Nilai Perusahaan dengan Perencanaan Pajak Sebagai Variabel Moderating. Media Studied Ekonomi.Volume 21 No.1

Irawan, & Rioni, Y. S. (2020). Analisis Tax Planning dalam Upaya Minimalisasi Hutang Pajak pada Industri Kecil Menengah di Kota Medan. Jurnal Perpajakan, 1(2), 191–200.

Jensen l, M.C and W.H Mecling. (1976). Theory Of The Firm, Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal Of Financial Ekonomic 3, 305-360.

Kasmir. (2014). Analisis Lapotan Keuangan. Edisi satu. Cetakan Ketujuh. PT Raja Grafindo, Jakarta.

Khumairoh, A. K., & Suprihhadi, H. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Property and Real Estate di BEI Periode 2013– 2019. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(2).

Krisnando, K., & Novitasari, R. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(02), 71-81.

Kusumajaya, D. K. O. (2011). Pengaruh struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia. Universitas Udayana, Denpasar: Tesis yang Tidak Dipublikasikan.

Kusumastuti, W. F., Setiawati, E., & Bawono, A. D. B. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Seminar Nasional dan The 6th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2019.

Kusumawati, R., & Rosady, I. (2018). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 147-160.

Lang, L., H., P., Stulz, R., M., & Walkling. (1989). Managerial Performance, Tobin’s q, and the Gains from Successful Tender Offers. Journal of Financial Economics, 137-154.

Lanis, Robert and Grant Richardson. (2012). Corporate Social Responsibility ant Tax Agrgressiveness: a teast of legitimacy theory. J. Account. Public Policy 31, 86-108.

Lisa, P., & Marlinah, A. (2021, March). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Karakteristik Keuangan Lainnya Terhadap Nilai Perusahaan. In CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (Vol. 1, No. 1, pp. 234- 245).

Made, N., Dewi, L., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage pada Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia 28, 26–54.

Magdalena, Risma. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Penghindaran Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Tansparansi Sebagai Variabel Moderasi. Prosiding Seminar Nasional Pakar Ke 2. ISSN (p): 2615-2584. ISSN (E): 2615-3343.

Mayangsari, Rima. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Keputuasn Investasi, Kepemilikan Manajerial, dan Komite Auditt Terhadap Nilai Perusahaan Aneka Industri Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 6 No. 4

Moniaga, F. (2013). Struktur modal, profitabilitas dan struktur biaya terhadap nilai perusahaan industri keramik, porcelen dan kaca periode 2007-2011. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Munawir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 4. Liberty. Yogyakarta.

Noviyanti, D., & Ruslim, H. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Rasio Aktivitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 34-41.

Nugroho, P. S., Sumiyanti, T., & Astuti, R. P. (2019). Pengaruh Struktur Modal (Der), Profitabilitas (Roa) dan Ukuran Perusahaan (Size) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Variabel Moderasi Kepemilikan Manajerial (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2014-2018)”. JAB (Jurnal Akuntansi & Bisnis), 5(02).

Nurhayati, M., & Dr. Henny Medyawati, S.Kom., M. (2012). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap NilaiPerusahaan yang Terdaftar dalam LQ45 pada Tahun 2009-2011. Jurnal Akuntansi, 1–13.

Oktrima, B. (2017). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Jurnal sekuritas, 1(1), 98-107.

Pasaribu, M.Y., Topowijono., dan Sulasmiyati, Sri. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Struktue Kepemilikan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Peusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2014. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol:35, No:1, Juni, Hal. 154-164

Phitaloka, N. G. (2018). Pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai pemoderasi pada sektor properti dan real estate yang terdaftar di bei (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).

Pohan, Citra Dirawati dan Susi Dwimulyani. (2017). Analisi Pengaruh Kinerja keuangan, Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti (e- Journal). Vol. 4, No.1, Hal: 37-54. ISSN: 2339-0959

Pratama, I. G. G. W., & Wirawati, N. G. P. (2016). Pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 15(3), 1796-1825.

Pratiwi, N. P. Y., Yudiaatmaja, F., & Suwendra, I. W. (2016). Pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1).

Purnomo, E., & Erawati, T. (2019). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, 1(1), 1-12.

Putri, Hanni Chyntia Maita dan Surya Raharja. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manjerial Sebagai Variabel Moderating. Diponegoro Journal Of Accounting. Volume 2, Nomor 3, Hal 1, ISSN (Online) :2337-3806

Putri, Z. B., & Budiyanto, B. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(3).

Ramayani, Indah & Suriyanti. (2018). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaa Utama Sektor Pertambangan Subsektor Pertambangan Batu bara Yang Terdaftar Di BEI. Paradoks Jurnal Ilmu Ekonomi. Volume 1, e-ISSN :2622-6383

Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011- 2017). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 67-82.

Riati, M., Indrawati, N., & Wiguna, M. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Corporate Social Responsibility dan Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018). The Journal of Taxation: Tax Center, 1(2), 102-120.

Sintyana, I. P. H., & Artini, L. G. S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(2), 7717–7745.

Sudarma, I. K. G. A. M., & Darmayanti, N. P. A. (2017). Pengaruh CSR, Kepemilikan Manajerial dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan pada Indeks Kompas100. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(4), 1906–1932.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitan Bisnis. Edisi 16. Bandung: Alfabeta

Sulbahri, R. A. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 215-226.

Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sains Manajemen & Akuntansi, X(1), 21–39.

Tambahani, G. D., Sumual, T. E., & Kewo, C. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak (Tax Planning) dan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Terhadap Nilai Perusahaan: Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017- 2019. Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 142-154.

Tania, P. D., Silfi, A., & Odiatma, F. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018). Jom FEB, 7, 1–15.

Tarihoran, A. (2016). Pengaruh Penghindaran Pajak dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Vaariabel Modeasi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, V.6, No. 02

Tobin’s, J. (1969). A General Equilibrium Approach to Monetary Theory. Journal of Money, Credit and Banking, 12- 29

Vira, A. N., & Wirakusuma, M. G. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 26(2), 1299–1326.

Wahab, A., & Mulya, A. A. (2012). Analisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2. Universitas Budi Luhur.

Wardani, D. K., Primastiwi, A., & Marpaung, S. Y. (2020). Pengaruh Tax Planning Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Media Akuntansi Perpajakan, 5(2), 39-47.

Wasista, I. P. P., & Putra, I. N. W. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. E- jurnal akuntansi, 29(3).

Weston, JF & Copeland. (2008). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Jilid II. Jakarta. Erlangga Wiagustini, N. L. P. (2014). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Denpasar: Udayana University Press.

Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility).Jakarta :PT Gramedia

Wulandari. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manjerial Sebagai Variabel Moderasi. Electronic Theses And Dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Yuliem, Marcella Lavenia. 2018. Pengaruh Perencanaan Pajak (Tax Planning) Terhadap Nilai Perusahaan (Firm Value) Pada Perusahaan Sektor Non Keuangan yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 7, No. 1, 520-540.

Ziandra, F., Adel, J. F., & Fatahurazak, F. (2021). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Student Online Journal (Soj) Umrah-Ekonomi, 2(2), 559-573.

www.economy.okezone.com www.idx.co.id www.katadata.co.id www.republika.co.id

Published
2023-04-30
Section
Articles
Share |