Determinan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kabupaten Kudus

  • Nita Andriyani Budiman Universitas Muria Kudus
  • Firda Novi Antika Universitas Muria Kudus
  • Sri Mulyani Universitas Muria Kudus
Keywords: Kualitas pelayanan petugas pajak, sanksi perpajakan, biaya kepatuhan pajak, sosialisasi perpajakan, kondisi keuangan, dan kepatuhan wajib pajak

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of tax officer service quality, tax sanctions, tax compliance costs, tax socialization, and financial conditions on taxpayer compliance at MSMEs in Kudus Regency. The population used in this study were the owners of MSME in Kudus Regency, amounting to 14,941 MSMEs. The sampling method used purposive sampling to obtain 185 respondents. The statistical method used is the Structural Equation Model with processing assistance using Amos 24. The result of the study show that tax officer service quality, tax sanctions, and tax sosialization have a positive effect on taxpayer compliance, while tax compliance costs and financial conditions does not affect on taxpayer compliance.

 

Keywords: Tax officer service quality, tax sanctions, tax compliance costs, tax sosialization, financial conditions, and taxpayer compliance

References

Antika Firda Novi, Nita Andriyani Budiman, dan Sri Mulyani. 2020. Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kabupaten Kudus Selama Pandemi Covid – 19. Seminar Nasional Manajemen Ekonomi Akuntansi, Vol. 5 No. 1, hal. 408 – 417.

Arbuckle, J. L. 1997. Amos Users Guide Version 3.6. Chicago: Smallwaters Corporation.

Ardayani, Putu Vio Narakusumo dan I Ketut Jati. 2019. Pengaruh Tax Amnesty dan Kondisi Keuangan pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E – Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 26 No. 3, hal. 1741 – 1768.

Bradley, Cassie Francis. 1994. An Empricial Investigation of Factors Affecting Corporate Tax Compilance Behavior. Disertation The University of Alabana, USA.

Burhan, Hana Pratiwi dan Zulaikha. 2015. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, Presepsi Wajib Pajak Tentang Sanksi Pajak dan Implementasi PP Nomor 46 Tahun 2013 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Di Kabupaten Banjarnegara). Diponegoro Jurnal of Accounting Vol. 4 No. 2 hal. 998 – 1012.

Cahyanti, Monica Dwi .2017. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Dan Kondisi Keuangan Pengusaha Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kabupaten Magetan. Skripsi. Ponorogo : Respitory Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Carolina, Veronica. 2009. Pengetahuan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

Data jumlah penerimaan pajak final UMKM dan jumlah pelaporan SPT tahun 2016 s.d 2019 dari KPP Pratama Kudus.

Data jumlah UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Triwulan III 2019 Kota Kudus dari Data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah.

Devano, Sony dan Siti Kurnia Rahayu. 2006. Perpajakan: Konsep, Teori, dan Isu. Jakarta: Kencana.

Franzoni, Alberto Luigi. 1999. Tax Evation and Tax Compliance. University of Bologna, Itali.

Fuadi, Arabella Oentari dan Yenni Mangoting. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Tax & Accounting Review Vol. 1 No. 1, hal. 18 – 27.

Harinurdin, Erwin. 2009. Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Bisnis & Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi Vol. 16 No. 2, hal. 96 – 104.

Heider, Fritz. 1958. The Psychology of Interpersonal Relations. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Herryanto, Marisa dan Agus Arianto Toly. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kegiatan Sosialisasi Perpajakan, dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Surabaya Sawahan. Tax & Accounting Review Vol. 1 No. 1, hal: 124 – 135.

Indriyani, Novita dan Noor Shodiq Askandar. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya – Biaya Kepatuhan Pajak dan Penerapan E-Filing pada Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Di Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi Vol.7 No. 7, hal. 1 – 13.

Jannah, Shofuro Zahrotul. 2016. Pengaruh Pengetahuan, Penghasilan, Manfaat Atas NPWP, Sanksi, dan Sosialisasi Terhadap Kepatuhan Pemilik UMKM dalam Memiliki NPWP (Studi Di KPP Pratama Surakarta). Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Jatmiko, Agus Nugroho. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang. Tesis. Semarang: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Kementrian Keuangan. (2020, 22 September). Menkeu Paparkan Realisasi Penerimaan Perpajakan Hingga Agustus 2020. Diakses pada 25 September 2020, dari http://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/menkeu-paparkan- realisasi-penerimaan-perpajakan-hingga-agustus-2020/.

Kusuma, Kartika Candra. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Tahn 2014 (Studi Kasus pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsulatasi Perpajakan Wonosobo). Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Laksono, Jati Purbo. 2011. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan pada Perusahaan Industri Manufaktur di Semarang. Repository Universitas Diponegoro.

Latief, Salman, Junaidi Zakaria, dan Mapparenta. 2020. Pengaruh Kepercayaan Kepada Pemerintah, Kebijakan Insentif Pajak dan Manfaat Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Center Of Economic Students Journal Vol.3 No. 3 hal. 270 – 289.

Maharani, Sari, Farida Titik Kristanti, dan Kurnia. 2019. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Perpajakan, Tarif Pajak, Dan Ketegasan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Yang Terdaftar Sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas Periode 2019). E-Proceeding of Management Vol. 6 No. 2, hal. 3593 - 3601.

Mustikasari, Elia. 2007. Kajian Empiris tentang Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Perusahaan Industri Pengolahan di Surabaya. Simposium Nasional Akuntansi X hal: 1 – 42.

Noviana, Rika, Afifudin dan Hariri. 2020. Pengaruh Sosialisasi Pajak, Tarif Pajak, Penerapan PP. No.23 Tahun 2018, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Wajib Pajak UMKM Di Kabupaten Sampang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi Vol. 09 No. 4, hal. 51 – 67.

Nurhayati, Nunung, Halimatusadiah, Elly dan Diamonalisa. 2015. Influence Of Tax Officer Service Quality And Knowledge Of Tax On Individual Taxpayer Compilance In Tax Office (KPP) Bojonagara Bandung. International Jurnal of applied Research Vol. 1 No.8, hal. 805-809.

Nurmantu, Safri. 2008. Dasar - Dasar Perpajakan. Jakarta: Kelompok Yayasan Obor.

Nurvita, Mutia. 2016. Pengaruh Presepsi Pengetahuan dan Pemahaman, Sosialisasi Perpajakan, Kondisi Keuangan, dan Ketegasan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 46 tahun 2013 (Studi Kasus atas Wajib Pajak UKM pada KPP Pratama Cirebon). Repository Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atau Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto.

Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2020 Tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020.

Pratama, Rexy Anugerah dan Erly Mulyani. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi Vol. 1 No. 3, hal. 2656-3649.

Prayatni, Putu Tia Dewi dan I Ketut Jati. 2016. Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Pemeriksaan Pajak dan Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Hotel. E – Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 17 No. 1 hal: 663 – 689.

Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia : Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Resmi, Siti. 2008. Perpajakan Teori dan Kasus. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Santoso, Singgih. 2012. Analisis SEM Menggunakan AMOS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santoso, Singgih. 2014. Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 22. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sapriadi, Doni. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PBB(Pada Kecamatan Selupu Rejang). Skripsi. Padang: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Saraswati, Anggun Kurnia dan Zulaikha. 2012. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Studi Empiris pada Perusahaan Industri yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta). Repository Universitas Diponegoro.

Susmita, Putu Rara dan Ni Luh Supatmi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Vol. 14 No. 2 hal. 1239 – 1269.

Tahar, Afrizal dan Arnain Kartika Rachman. 2014. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal of Accounting and Investment Vol. 15 No. 1, hal. 56 – 67.

Tjahjono, Achmad dan Muhammad Fakhri Husein. 2015. Perpajakan Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit UPP AMP YKPN.

Torgler, Benno. 2003. Tax morale: Theory and analysis of tax compilance. Unpublished doctoral dissertion, University of Zurich, Switzerland.

Torgler, Benno. 2005. Tax morale and direct democracy. European Journal of Political Economy Vol. 21 No.2, hal: 525 – 531.

Undang – Undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Pelaksanaan Pajak Di Indonesia.

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dan arahan Presiden Republik Indonesia terkait upaya menghentikan segala bentuk kejahatan dan penyimpangan serta dalam rangka meningkatkan capaian kinerja DJP.

Utama, I Wayan Mustika. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 2 No. 2, hal. 452 – 470.

Widodo, Widi. 2010. Moralitas, Budaya, dan Kepatuhan Pajak. Bandung: Alfabeta.

www.fiskal.depkeu.go.id. Diakses pada tanggal 20 Maret 2020.

Published
2021-04-29
Section
Articles
Share |